nyaman

nasihat “keluarlah dari zona nyaman’ adalah hipokrisi yang terlalu sering diucapkan.

saya berpikir begitu ketika berjalan kaki di jalanan aspal saat matahari tepat berada di atas kepala. ternyata yang berjalan kaki bisa dihitung dengan jemari salah satu tangan saja. semua orang menempel di jok motor maupun mobil dengan sebuah premis begini mungkin : lebih cepat dan lebih hemat.
memilih kendaraan bermotor ketimbang bersepeda pun jalan kaki mungkin contoh sederhana saja. ketika orang protes kenaikan harga bahan bakar minyak, mereka tidak mengikutinya dengan perubahan pola konsumsi bahan bakar. lalu, orang mulai menyalahkan sistem transportasi, pemerintah, negara, siapapun yang bisa disalahkan seakan-akan hidup manusia tanpa hal-hal itu tidak punya daya. ya, kita semua hipokrit yang menuding orang lain sebagai hipokrit.
saya jadi mengingat keputusan saya menjual televisi dan menjual motor. itu semua mungkin seperti sebuah zona nyaman saat kebosanan bisa dilarung di kotak ajaib berukuran 14 inci atau sebuah perjalanan keliling kota sembari menghabiskan bensin. tapi, semua itu pun kini saya tinggalkan, juga sebuah pekerjaan yang saya nilai sebetulnya nyaman : gaji yang besar dan tetap meskipun kerjamu hanya tidur dan bermalas-malasan atau menulis sesuatu yang besok menjadi sebuah sampah informasi.
jadi, kenyamanan itu apa? kau bisa menghabiskan hidup dalam kenyamanan apapun yang kau pilih, toh ketidaknyamanan pada akhirnya menjadi kenyamanan bentuk yang lain. asalkan begini, kalau kau tidak tahu apa yang dihadapi orang lain dan pergulatannya, lebih baik tidak usah sok tau menggurui dengan pesan “keluarlah dari zona nyaman.” lebih baik kau diam dan berkaca. ya, kau tidak lebih baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s