toska

saya berada di dasar segalanya.
ini bukan tempat yang gelap, dingin, pun lembab. ini lebih buruk karena kau tidak bisa merasakan apa-apa di sini. ini adalah ketiadaan, tanpa friksi, aksi, pun motivasi. yang paling buruk bukanlah kehancuran tetapi ketidakmampuan untuk merasakan apa-apa lagi.
ya, di sanalah saya. tidur dan bangun dengan enggan.
saya mencoba menggali sepercik semangat dari manapun. dari cerita tentang mereka yang berkelana, dari musik, buku, film, dari semua imajinasi lama. itu semua tidak membantu. tawa saya kering dan saya berjalan seperti zombie.
saya berada di dasar segalanya.
Vladimir Nabokov mungkin menyebut perasaan ini sebagai “toska”.
saya berada di dasar segalanya dan saya ingin dengan perlahan menaiki semua tangga yang ada.
mungkin dengan begitu saya bisa kembali merasa, tentang lelah, perih, keringat, dan ekstase yang sudah saya lupa.
toska, kau punya nama yang indah.
tapi, saya tidak mau selamanya di sana.

Leave a Reply

